Perawatan menangani kulit kusam di klinik kecantikan gampang diketemukan. Tetapi, bila Anda tidak mempunyai dana lebih, tidak butuh kuatir serta memaksa diri. Anda bisa lakukan beberapa cara simpel, terhitung manfaatkan beberapa bahan alami, untuk menangani kulit kusam.

Untuk menangani kulit kusam ada banyak perawatan simpel yang gampang dikerjakan, hingga kulit akan terlihat lebih cerah:

1. Teratur bersihkan muka

Untuk menangani kulit muka kusam, hal pertama yang perlu dikerjakan ialah teratur bersihkan muka. Anda dianjurkan untuk bersihkan muka sekitar 2x dalam satu hari, yakni saat pagi serta malam sebelum tidur. Supaya tersisa kotoran yang melekat di kulit betul-betul terangkat, janganlah lupa untuk mengimplementasikan toner.

2. Pakai pelembap sesuai dengan type kulit

Sesudah muka telah betul-betul bersih, janganlah lupa untuk mengimplementasikan pelembap. Tetapi jangan sembarangan pilih, yakinkan Anda memakai pelembap sesuai type kulit.
Buat yang mempunyai kulit kering, pilih pelembap yang memiliki kandungan asam hialuronat, dimetikon, gliserin, serta lanolin. Untuk Anda yang mempunyai kulit berminyak, dianjurkan menggunakan pelembap muka yang memiliki loabel nonkomedogenik. Sesaat buat yang mempunyai kulit peka, pilih pelembap muka yang hipoalergenik serta bebas pewangi sebab lebih “ramah” di kulit.

3. Gunakan masker alami

Memakai masker dengan teratur dapat membuat penampilan kulit kusam kelihatan lebih cerah. Ada bermacam bahan alami yang dapat Anda gunakan jadi masker muka, misalnya:

  • Pepaya
    Masker yang dibuat dari kombinasi buah pepaya serta nanas dapat mengusung kulit kering serta kulit mati pemicu kulit kusam. Bila Anda teratur lakukan perawatan ini sekali dalam satu minggu, karena itu kulit akan kelihatan lebih cerah serta bersinar.
    Untuk bikin masker ini, mencampurkan 1 sendok teh juice nanas fresh ke ¼ cangkir pepaya mentah yang sudah dihaluskan. Aduk sampai keduanya tercampur rata lalu terapkan ke muka serta leher sepanjang 15-20 menit.
  • Putih telur
    Putih telur dapat juga jadikan jadi bahan alami membuat cerah kulit kusam. Langkah manfaatkan putih telur jadi masker cukup gampang. Kocok putih telur sampai mengembang serta berikan dengan rata ke kulit muka. Nantikan sampai kering lalu basuh dengan air.
  • Kunyit
    Bahan alami selanjutnya yang dapat digunakan untuk menangani kulit kusam ialah kunyit. Kunyit memiliki kandungan anti-oksidan serta antiinflamasi hingga bisa membuat penampilan kulit kelihatan lebih kenyal, cerah, serta bersinar.
    Untuk memperoleh faedah kunyit ini, campur 1 sendok teh kunyit dengan 1 sendok teh madu serta 1 sendok makan yoghurt. Aduk sampai tercampur prima serta terapkan ke muka sepanjang 15 menit serta basuh dengan air bersih.

4. Kerjakan eksfoliasi

Tidak cuma memakai masker, Anda pun dianjurkan untuk lakukan eksfoliasi muka dengan teratur. Eksfoliasi muka akan mengusung sel kulit mati, membuat cerah kulit, menyamarkan garis kerutan serta menahan pori-pori terhalang.

Anda yang mempunyai kulit normal condong kering, dianjurkan untuk lakukan eksfoliasi 1-2 kali dalam satu minggu. Selain itu, untuk kulit gabungan serta berminyak, eksfoliasi dapat dikerjakan sekitar 3-4 kali dalam satu minggu.

Eksfoliasi bisa dikerjakan di klinik kecantikan atau di dalam rumah. Buat yang ingin mengerjakannya di dalam rumah, Anda bisa manfaatkan kopi bubuk. Triknya gampang, cukup campur ½ cangkir kopi bubuk dengan 1 cangkir gula merah, 2 sendok teh susu, serta 1 sendok teh madu. Campur sampai rata serta terapkan ke kulit muka yang sudah dibikin bersih. Figur dengan perlahan-lahan paling tidak sepanjang 3-4 menit, sebelum dibasuh dengan air bersih.

Tidak hanya lakukan perawatan itu, jagalah kulit Anda dari paparan cahaya matahari dengan memoleskan tabir surya. Paparan cahaya matahari dapat langsung membuat penampilan kulit jadi lebih kusam, serta membuat warna kulit tidak rata.