Ada beberapa fakta untuk masukkan buncis ke menu harian Anda. Dari mulai harga yang ekonomis, gampang didapatkan, rasa-rasanya enak, sampai bisa diproses dengan bermacam langkah, seperti ditumis, di rebus, atau dikukus. Diluar itu, faedah buncis untuk kesehatan pun tidak kalah dari sayuran yang lain, lho!

Berdasar kandungan gizinya, berikut beberapa faedah buncis untuk kesehatan:

1. Memperhatikan kesehatan jantung

Kandungan serat serta anti-oksidan pada buncis berguna untuk memperhatikan kesehatan jantung serta pembuluh darah. Riset tunjukkan jika orang yang teratur konsumsi makanan sehat, terhitung buncis serta kacang-kacangan, beresiko lebih rendah untuk alami penyakit jantung serta pembuluh darah.

2. Sehatkan aliran pencernaan

Buncis memiliki kandungan karbohidrat kompleks serta serat yang baik untuk pencernaan, sebab bisa menolong merangsang gerakan usus sekaligus juga menahan sembelit. Buncis baik dikonsumsi untuk orang yang sedang jalani diet, sebab rendah kalori serta tidak memiliki kandungan lemak, tetapi tinggi serat yang bisa membuat badan merasakan kenyang lebih lama.

3. Menguatkan skema kebal badan

Vitamin C pada buncis bertindak jadi anti-oksidan yang bisa mencegah kehancuran sel karena radikal bebas, tingkatkan kebal badan, serta penting dalam pembentukan kolagen.

4. Pelihara kesehatan mata

Secangkir buncis mentah memiliki kandungan seputar 15 % nilai gizi harian vitamin A yang direferensikan. Vitamin A sendiri berguna untuk memperhatikan kesehatan mata, organ reproduksi, menguatkan skema imun badan, serta menahan kanker.

Di samping beberapa faedah di atas, buncis baik untuk menu diet, khususnya buat pasien diabetes, sebab tidak memiliki kandungan lemak, tinggi serat, serta mempunyai indeks glikemik yang rendah.

Waktu beli buncis, pilih yang warnanya jelas serta berasa padat waktu didesak. Bila tidak selekasnya diproses, taruh dalam plastik serta masukan ke almari pendingin. Supaya faedah buncis lebih maksimal, dianjurkan untuk memproses buncis secara benar untuk menjaga nilai gizinya. Langkah paling mudah untuk memproses buncis dengan merebus atau mengukusnya, lalu imbuhkan sedikit air lemon serta minyak zaitun, dan garam serta lada seperlunya.