5 Alasan Ibu Hamil Wajib Konsumsi Susu Secara Rutin

5-Alasan-Ibu-Hamil-Wajib-Konsumsi-Susu-Secara-Rutin
Foto dari Canva

Ibu hamil membutuhkan asupan nutrisi yang lengkap guna menunjang pertumbuhan dan perkembangan janin lebih optimal. Asupan nutrisi juga bisa menjaga kesehatan ibu hamil yang mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh pada awal trimester pertama. Pastikan Anda mengkonsumsi makanan yang sehat dan sesuai dengan anjuran dokter, ya! Jangan lupa untuk rajin minum susu sejak awal kehamilan demi memenuhi kebutuhan asam folat, vitamin D dan mineral lain. Anda bisa membeli produk susu ibu hamil hanya di website resmi dari Anmum.

Manfaat Konsumsi Susu Ibu Hamil Sejak Awal Trimester

Apakah minum susu merupakan kewajiban bagi ibu hamil? Bagi wanita yang kurang suka susu, mungkin mengalihkan konsumsi pada produk olahan susu lain seperti yoghurt atau keju. Namun, ada baiknya Anda mengetahui manfaat minum susu untuk ibu sejak awal kehamilan. Berikut ulasan website resmi dari Anmum untuk calon ibu yang tengah mempersiapkan kehamilan yaitu :

1. Mengandung kalsium dan vitamin D tinggi

Kandungan kalsium dan vitamin D dibutuhkan dalam menunjang pertumbuhan tulang, gigi dan mendukung kecerdasan otak si kecil sejak dalam kandungan. Minum susu merupakan salah satu langkah memenuhi kebutuhan kalsium pada ibu hamil yang cukup tinggi yaitu 1000-1300 miligram per hari. Bayi yang mendapatkan asupan kalsium tinggi bisa memiliki tubuh lebih sehat dan rendah terhadap risiko alergi nanti.

2. Bisa membantu bayi tumbuh lebih tinggi

Bila bayi mendapatkan asupan kalsium dan vitamin D di dalam kandungan sejak awal, maka ia memiliki peluang tumbuh lebih tinggi dibandingkan anak yang kurang asupan kalsium. Selain itu, bayi bisa tumbuh dengan kondisi tubuh lebih sehat dan terhindar dari risiko penyakit diabetes tipe 2.

3. Mengandung nutrisi tinggi

Tidak hanya kaya kalsium dan vitamin D saja, produk susu mengandung asam lemak, asam amino dan protein yang tinggi. Kandungan vitamin A, B, dan D juga bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan bayi lebih optimal, misalnya meningkatkan kesehatan mata, meningkatkan perkembangan saraf dan lain-lain.

4. Bisa mengurangi risiko morning sickness

Pada ibu hamil trimester pertama, morning sickness memang acap terjadi sebagai salah satu efek perubahan hormon kehamilan. Anda yang mengalami gejala mual dan muntah sepanjang hari, bisa mencoba mengatasi kondisi dengan minum susu. Susu bisa berperan sebagai antasida efektif yang bisa mengatasi risiko mual, mulas atau penyakit lambung. Bila Anda alami mual dan muntah karena aroma susu yang mengganggu sejak awal, maka cobalah memilih varian susu rasa coklat yang lebih nyaman.

5. Bisa mengurangi risiko penyakit pada bayi dan sang ibu

Seperti diketahui bersama bahwa susu mengandung yodium yang efektif meningkatkan kecerdasan anak, tapi susu juga bisa mengurangi risiko penyakit setelah bayi lahir ke dunia. Minum cukup susu yang kaya omega-3 bisa membantu mengurangi risiko peradangan dan alergi pada bayi. Selain itu, ibu hamil yang rajin konsumsi susu bisa memiliki tubuh yang lebih sehat dan bebas dari risiko penyakit osteoporosis.

Meskipun Anda tidak suka susu, maka cobalah untuk minum susu secara rutin sejak awal kehamilan setidaknya satu gelas per hari. Kandungan susu yang baik untuk kesehatan diri dan janin yang dikandung lebih penting, bukan? Anda bisa mendapatkan manfaat minum susu yang baik untuk kehamilan sejak awal sampai proses melahirkan kelak. Untuk mendapatkan informasi produk susu yang sesuai kebutuhan mulai proses perencanaan kehamilan sampai menyusui si kecil, kunjungi website resmi dari Anmum sekarang juga.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.