5 Cara Menjaga kesehatan Tulang Usia Tua

5-Cara-Menjaga-kesehatan-Tulang-Usia-Tua
Foto dari Canva

Usia tua membuat kekuatan dan ketahanan tulang mengalami penurunan sehingga orang yang sudah berusia lanjut acap mengeluhkan nyeri sendi, tulang keropos dan lain-lain. Guna menekan risiko Anda terkena penyakit osteoporosis pada usia tua, artikel dan tips kesehatan menyarankan pola hidup sehat sejak dini. Penuhi asupan makanan yang bisa meningkatkan massa otot dan kekuatan tulang Anda mulai sekarang, ya!

Menjaga kesehatan Tulang Ketika Tak Lagi Muda

Gaya hidup yang kurang sehat sejak usia muda bisa mengakibatkan seseorang mengalami masalah kesehatan, salah satunya adalah kekuatan tulang yang berkurang. Apalagi Anda yang memiliki kesibukan di depan komputer atau duduk terlalu lama, maka kekuatan tulang bisa berkurang seiring pertambahan usia yang menua. Kegiatan fisik bisa membantu Anda memiliki kekuatan dan ketahanan otot yang lebih maksimal. Jangan lewatkan melakukan olahraga setidaknya satu kali seminggu untuk menjaga kebugaran tubuh sampai usia tua.

Coba beberapa cara menjaga dan meningkatkan kekuatan tulang seiring pertambahan usia berikut :

1. Pilih makanan yang bisa memperkuat tulang

Tidak hanya anak-anak dan remaja saja yang membutuhkan makanan kaya vitamin D dan kalsium untuk mendukung pertumbuhan tulang, orang tua juga membutuhkan asupan nutrisi yang sama. Makanan yang kaya vitamin D dan kalsium bisa membantu memperkuat tulang, misalnya susu, keju, telur, daging, salmon, dan lain-lain.

Selain produk susu dan ikan, orang yang sudah berusia tua wajib memperhatikan asupan makanan kaya kalsium dari sayuran. Jenis sayuran yang mengandung kalsium cukup tinggi antara lain bayam, kale, selada, brokoli, dan lain-lain. Meskipun demikian, Anda harus konsultasi dengan dokter terkait asupan makanan yang direkomendasikan untuk orang yang sudah berusia lanjut guna mencegah risiko yang memicu penyakit tertentu seperti asam lambung, diabetes, hipertensi, dan sebagainya.

2. Selalu melakukan olahraga tahan beban

Selain konsumsi makanan yang kaya nutrisi vitamin D dan kalsium, Anda juga harus sering melakukan olahraga tahan beban seperti berjalan, berlari atau latihan kekuatan seminggu beberapa kali. Bila Anda memiliki riwayat penyakit tertentu, lakukan konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan saran terkait pemilihan olahraga yang tepat sesuai dengan usia Anda. Jangan sampai Anda memaksa diri melakukan aktivitas olahraga yang berlebihan sehingga membuat tubuh alami risiko cedera, ya!

3. Hindari kebiasaan kompres dingin

Kompres dingin atau memakai es pada bagian yang alami nyeri atau cedera ringan bisa menunda penyembuhan, bahkan bisa mengakibatkan masalah kesehatan yang membahayakan.

4. Melakukan terapi fisik

Artikel dan tips kesehatan menyarankan orang yang sudah berusia lanjut untuk rajin melakukan terapi fisik. Latihan ini bisa mengurangi risiko sakit dan meningkatkan fungsi fisik yang lebih baik sesuai dengan arahan dokter. Pasalnya, dokter akan menangani masalah tulang yang Anda alami dengan beberapa opsi tergantung kondisi seperti pemberian obat-obatan, pembedahan atau terapi fisik.

5. Melakukan posisi duduk dengan benar

Posisi duduk yang benar bisa membantu Anda menjaga tulang lebih baik dibandingkan dengan orang yang tidak melakukannya. Posisi duduk yang tidak baik bisa membuat tulang Anda menjadi nyeri, sakit dan bisa menyebabkan kekakuan sendi. Pilih kursi yang lebih nyaman dengan sandaran di kursi sehingga duduk bisa membentuk 90 derajat, ya!

Nah, kini Anda sudah tahu artikel dan tips kesehatan mengenai cara menjaga kesehatan tulang pada usia tua. Pastikan Anda aktif melakukan aktivitas fisik guna memiliki kondisi tubuh yang tetap prima meski usia sudah menua. Kesehatan dan kekuatan tulang yang masih bagus pada usia tua akan mendukung produktivitas Anda tetap tinggi.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.