5 Cara Merawat AC 1/2 PK agar Lebih Awet Bertahun-tahun

5-Cara-Merawat-AC-1/2-PK-agar-Lebih-Awet-Bertahun-tahun
Foto dari Canva

Di era modern seperti sekarang, keberadaan AC di rumah atau bangunan lain bukan hal yang baru. Bahkan setiap kamar kost atau ruangan di perkantoran dan pusat perbelanjaan dilengkapi AC. Meskipun demikian, Anda yang ingin memasang AC di rumah, wajib mempertimbangkan merek AC terbaik. Pastikan memilih AC yang sesuai dengan luas ruangan di rumah Anda, ya! Untuk ruangan 0-10 m2, ada baiknya Anda mempertimbangkan AC Aqua ½ PK yang lebih murah dan hemat.

Kiat Merawat AC di Rumah agar Lebih Tahan Lama

Tidak jarang AC yang baru dibeli atau dipakai beberapa bulan langsung rusak. Jangan sampai Anda mengeluarkan biaya servis sebelum waktunya tiba karena salah merawat AC di rumah. Supaya AC di rumah Anda bisa bertahan lama sampai bertahun-tahun, sebaiknya simak kiat perawatan berikut :

1. Pilih AC yang sesuai dengan ruangan

Bila Anda hanya ingin memasang AC di ruangan tertentu saja di rumah, sah-sah saja. Biasanya AC akan dipasang di kamar atau ruang tamu menyesuaikan dengan kebutuhan saja. AC Aqua ½ PK cocok dipasang di kamar yang berukuran minimalis untuk mendapatkan udara yang berkualitas lebih optimal. Pemasangan AC yang tidak sesuai dengan luas ruangan bisa membuat AC bekerja lebih keras sehingga gampang rusak.

2. Mengatur suhu termostat dengan baik

Anda wajib mengatur suhu termostat dengan baik menyesuaikan kondisi iklim di Indonesia. Atur suhu berkisar 20-23 derajat celcius agar kompresor AC bisa bekerja mendeteksi suhu pada kondisi tersebut, kemudian kompresor berhenti bekerja dan mengeluarkan angin saja. Jangan suka mengatur suhu pada titik terendah sebab bisa membuat kinerja kompresor AC tidak bisa meningkatkan suhu pada titik tersebut.

3. Mengatur pemakaian AC

Memasang pengaturan AC agar menyala terus menerus bisa membuat mesin menjadi mudah rusak. Anda harus membuat pengaturan waktu AC menyala dengan fitur timer untuk menjaga AC bisa beristirahat, ya! Jangan lupa untuk memastikan tidak ada celah yang terbuka agar AC bisa bekerja dengan optimal di ruangan tersebut. Tutup pintu atau ventilasi udara guna menjaga kinerja AC dan udara dingin bisa langsung terasa di ruangan Anda.

4. Rajin melakukan pembersihan filter AC

Jangan ragu untuk melakukan pembersihan filter AC sendiri demi menjaga AC tetap awet bertahun-tahun. Penumpukan debu dan kotoran pada filter AC membuat AC di rumah Anda tidak bisa mengantarkan dingin lebih optimal. Bila Anda tidak melakukan pembersihan secara rutin, maka bisa dipastikan kinerja AC menjadi lebih berat dan AC akan cepat rusak.

5. Servis rutin

Lakukan servis rutin guna menjaga kinerja AC sesuai dengan keinginan Anda, termasuk menjaga komponen lebih awet bertahun-tahun. Bila perlu melakukan penggantian komponen, maka pastikan Anda membeli produk komponen yang orisinal. Servis yang dilakukan ahli bisa membantu Anda mendeteksi kebocoran freon atau freon sudah kosong dan perlu dilakukan pengisian kembali, ya!

Beberapa tips dalam menjaga AC tetap awet dipakai lebih lama di atas bisa menjadi referensi Anda. Bila ingin mendapatkan produk AC terbaik, Anda wajib memilih produk AC Aqua ½ PK yang menyesuaikan kondisi ruangan di rumah minimalis, kontrakan atau ruangan kerja lain. Perawatan pada AC yang benar bisa membuat Anda lebih hemat pengeluaran beli AC baru hingga menghemat pengeluaran listrik bulanan. Yuk, rawat AC di rumah Anda dengan baik agar bisa mengantarkan udara yang dingin sesuai kondisi cuaca panas di Indonesia!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.