Pergantian badan saat melahirkan bukan sekedar bisa memunculkan rasa tidak nyaman, tetapi membuat Anda lebih beresiko alami infeksi, perdarahan, serta stres pascamelahirkan. Supaya waktu pemulihan sesudah melahirkan berjalan secara baik, Anda disarankan tidak lakukan beberapa hal berikut:

1. Beraktivitas fisik atau olahraga berat

Ibu yang baru melahirkan semestinya tidak langsung beraktivitas fisik yang berat. Begitu cepat mengerjakannya dapat mengakibatkan luka sebab badan masih juga dalam step pemulihan. Ditambah lagi bila proses melahirkan memiliki masalah atau awalnya Anda tidak mempunyai pola hidup yang aktif.

Bila dokter meluluskan, kerjakan olahraga dengan setahap. Awalilah dari olahraga yang mudah, contohnya berjalan kaki. Jauhi berenang sepanjang 1 minggu pertama, sebab darah nifas masih deras serta rawan infeksi. Jauhi olahraga yang memakai otot perut, seperti sit up, sebab otot panggul serta perut masih lemah.

Pekerjaan lain, seperti menyopir, turun naik tangga, serta mengusung beban berat, cuma bisa dikerjakan jika sudah diperbolehkan dokter. Pekerjaan ini biasanya baru bisa dikerjakan seputar 6 minggu sesudah melahirkan.

2. Lupa menjaga area kewanitaan

Pada persalinan normal, umum berlangsung robekan pada lubang vagina, hingga butuh dijahit. Sesudah persalinan, Anda akan alami waktu nifas yang diikuti dengan perdarahan seperti haid, sepanjang 4-6 minggu. Karenanya, butuh dikerjakan perawatan yang baik pada organ intim, supaya jahitan vagina tidak robek atau alami infeksi.

Anda bisa bersihkan vagina dengan teratur, khususnya sesudah buang air kecil serta buang air besar. Menjaga vagina masih kering serta ubahlah pembalut tiap 3-4 jam. Diluar itu, rajinlah membersihkan tangan serta mandi dengan air hangat. Supaya jahitan masih terbangun, jangan mengejan begitu keras. Jika sembelit, lebih baik meminta obat pelunak tinja pada dokter

3. Melakukan hubungan intim

Robekan perineum serta perdarahan nifas tidak cuma tingkatkan efek infeksi, tetapi memunculkan ngilu pada area vagina. Diluar itu, vagina akan jadi lebih kering jika ibu menyusui. Oleh karenanya, jalinan intim semestinya dipending.

Penetrasi seksual biasanya bisa dikerjakan 2-6 minggu sesudah melahirkan atau sesuai dengan izin dokter. Jadi pilihan supaya jalinan suami istri masih serasi, Anda dapat bermesraan dengan berangkulan atau berciuman.

4. Begitu larut dalam emosi

Merasakan bingung, kuatir, serta susah sesudah melahirkan benar-benar umum berlangsung. Tetapi, jangan begitu larut dalam emosi ini, sebab bisa memunculkan stres pascamelahirkan. Coba untuk share narasi serta perasaan dengan pasangan, keluarga, atau sahabat. Anda dapat menyempatkan diri untuk diri kita, walau repot mengatur bayi yang baru lahir.

5. Langsung berdiet ketat

Anda mungkin ingin badan selekasnya kembali pada bentuk sebelumnya. Tetapi, diet ketat tidak dianjurkan sebab bisa mengganggu pemenuhan nutrisi penting serta menghalangi proses pemulihan badan sesudah melahirkan. Diluar itu, buat ibu yang memberi air susu ibu (ASI) pada bayinya, diet ketat akan mengubah kandungan nutrisi dalam ASI.