Salah satunya pemicu gigi peka ialah terkikisnya enamel gigi. Enamel atau e-mail ialah jaringan keras pada permukaan gigi yang berperan membuat perlindungan gigi. Bila enamel terkikis, makanan yang begitu panas, dingin, manis, atau asam langsung dapat tentang ujung saraf, hingga memunculkan rasa nyeri. Diluar itu, gigi peka dapat juga berlangsung bila ada gigi yang retak, tambalan gigi yang rusak, atau penyakit gusi.

Untuk menurunkan gigi nyeri dengan cepat, Anda dapat lakukan beberapa hal berikut:

1. Sikat gigi dengan perlahan-lahan

Mungkin sampai kini ada yang salah dengan Anda menggosok gigi. Menggosok gigi begitu kuat atau memakai sikat gigi dengan bulu sikat yang keras bisa membuat gigi peka makin nyeri. Oleh karenanya, pakailah sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut, serta sikatlah gigi dengan lembut.

Untuk jaga kebersihan gigi serta mulut, dianjurkan untuk menggosok gigi 2x satu hari, diikuti dengan penggunaan benang gigi.

2. Jauhi makanan penyebab gigi nyeri

Jauhi dahulu makanan atau minuman yang begitu panas, dingin, asam, atau manis, sampai keluhan gigi nyeri berkurang.

3. Menunda menggosok gigi

Jangan langsung menggosok gigi sesudah konsumsi makanan atau minuman yang asam, sebab bisa membuat enamel gigi terkikis. Sesudah konsumsi suatu hal yang asam, enamel jadi lebih lunak hingga gampang alami penipisan. Jadi, nantikan dahulu seputar 1/2 jam sebelum menggosok gigi.

4. Hentikan rutinitas yang bisa mengakibatkan kerusakan gigi

Jika Anda mempunyai rutinitas menggertakkan gigi, upayakan untuk hentikan rutinitas ini. Mintalah pertolongan dokter, bila perlu. Begitu halnya rutinitas kunyah es batu. Jadi alternatifnya, kunyah permen karet bebas gula waktu Anda merasakan ingin menggerakkan rahang. Baik menggertakkan gigi atau kunyah es batu bisa menipiskan e-mail gigi.

Rutinitas jelek lain yang butuh di stop bila ingin bebas dari gigi peka ialah merokok. Merokok bisa membuat gigi serta gusi lebih rawan rusak serta peka, hingga memunculkan keluhan berbentuk gigi nyeri serta ngilu.

5. Pakai pasta gigi spesial untuk gigi peka

Pilih pasta gigi spesial gigi peka dengan formula strontium acetate. Supaya lebih efisien, berikan pasta gigi langsung ke permukaan gigi sebelum disikat.

Riset tunjukkan jika strontium acetate dapat menurunkan gigi nyeri dengan membuat susunan pelindung gigi yang kuat dengan cepat. Susunan ini bisa tutup pori-pori gigi, hingga makanan tidak langsung tentang saraf gigi. Susunan ini tahan pada asam perusak gigi.

Dalam satu riset, sensitivitas gigi pada makanan atau minuman panas, menyusut cuma dalam 60 detik sesudah diolesi pasta gigi yang memiliki kandungan strontium acetate. Ini berarti, rasa nyeri pada gigi akan cepat surut serta makanan atau minuman yang sebelumnya menyebabkan gigi nyeri bisa kembali Anda nikmati.

Buat golongan remaja serta dewasa muda yang punyai pola hidup serba cepat serta dinamis, beberapa langkah di atas bisa jadi jalan keluar untuk menurunkan gigi nyeri secara cepat. Tetapi, perlakuan gigi nyeri tentu saja harus dibarengi dengan jaga kebersihan gigi serta mulut. Jangan pernah aktivitas membuat Anda mengabaikannya.