Kulit bersisik diikuti dengan kulit yang terlihat kering serta pecah-pecah, hingga berkesan “bersisik”. Keadaan ini dapat berlangsung di tangan, kaki, serta muka. Kulit bersisik dapat dibarengi dengan rasa gatal serta kemerahan.

Timbulnya kulit bersisik bukan sekedar waktu Anda alami kulit kering, tapi dapat jadi tanda-tanda penyakit tersendiri. Di bawah ini ialah beberapa pemicu kulit bersisik:

1. Dermatitis kontak

Dermatitis kontak ialah peradangan pada kulit yang muncul karena paparan satu zat yang mengakibatkan iritasi atau menyebabkan reaksi alergi. Sebabnya dapat berlainan pada setiap orang, mulai berbahan kimia pada detergen atau sabun, sampai bahan logam pada perhiasan.

2. Athlete’s foot atau tinea pedis

Kulit kering dapat juga dikarenakan oleh tinea pedis, yakni infeksi jamur yang umumnya ada antara jari kaki. Infeksi jamur itu dapat membuat kulit jadi bersisik, kering, gatal, kemerahan, pecah-pecah atau melepuh. Tinea pedis umumnya tidak serius, tapi harus selekasnya diatasi supaya tidak menebar ke anggota badan lain atau serta menyebar ke orang lain.

3. Psoriasis

Psoriasis adalah kelainan pada kulit berbentuk bercak tebal kemerahan, yang merasa gatal, ngilu, serta seringkali membuat kulit terlihat bersisik. Keadaan ini berlangsung karena masalah pada skema kebal badan yang membuat sel kulit bertukar begitu cepat. Dari yang umumnya sebulan jadi cuma beberapa waktu.

4. Ichthyosis vulgaris

Kelainan kulit ichthyosis vulgaris kadang dikatakan sebagai fish scale disease atau fish skin disease. Kelainan ini membuat kulit jadi kering serta bersisik. Umumnya diketemukan pada bayi baru lahir atau pada anak umur awal.

5. Hipoparatiroid

Kulit kering bersisik dapat juga jadi tanda-tanda hipoparatiroid, yakni keadaan langka yang berlangsung saat kelenjar paratiroid di leher tidak membuahkan hormon paratiroid (PTH) yang cukup. Jumah PTH yang begitu sedikit membuat kandungan kalsium pada tubuh alami penurunan serta kandungan fosfor bertambah. Perihal ini pula yang membuat kulit jadi kering serta bersisik.

Untuk menyembuhkan kulit bersisik, butuh dipastikan dahulu sebabnya melalui proses analisis. Sesudah sebabnya didapati, dokter baru bisa memberi penyembuhan yang sesuai dengan.

Kulit bersisik jarang-jarang jadi tanda-tanda keadaan yang genting atau beresiko. Tetapi, bila kulit bersisik dibarengi dengan reaksi alergi kronis, mual, muntah, demam tinggi, tubuh sangat terasa lemah atau ada beberapa luka lepuh, cepatlah pergi ke dokter untuk memperoleh perlakuan.