Memilih sepatu anak tidak boleh ngasal dan sembarangan agar si anak merasa nyaman saat mengenakan sepatu tersebut. Dalam hal ini, orang tua jangan hanya mengutamakan model sepatunya saja. Sepatu yang digunakan anak Anda tentunya untuk melindungi kaki mungilnya dari debu, batu-batu, dan lainnya. Untuk mengoptimalkan perlindungan kaki anak Anda terdapat salah satu rekomendasi sepatu Tamagoo yang nyaman digunakan untuk melangkah.

Cerdas Memilih Sepatu Anak

Kaki anak-anak masih dalam masa pertumbuhan, sehingga dalam pemilihan sepatunya jangan disamakan seperti orang dewasa. Anda bisa mulai mempersiapkan sepatu anak ketika ia harus bisa melangkah pertama kali. Ada beberapa kriteria berdasarkan informasi kesehatan dalam memilih sepatu anak yang nyaman dan tepat. Nah, apa saja kriterianya akan diuraikan pada uraian di bawah ini.

1. Memiliki Sol dari Bahan Lentur

Dalam memilih sepatu anak sangat dianjurkan memiliki sol dari bahan yang lentur dan tidak licin. Kenapa demikian? Hal ini untuk mengantisipasi anak dari tergelincir dan terpeleset. Bayangkan saja jika bahan sepatunya sudah licin ditambah dengan kondisi jalanan yang licin juga, mungkin saja anak Anda tidak bisa mengontrolnya dan berakhir kecelakaan kecil. Oleh sebab itulah saat pertama kali membeli sepatu anak perlu Anda perhatikan juga bahannya, apakah lentur atau licin.

2. Pilih Bahan Kulit Lembut

Untuk persoalan bahan sepatu anak, Anda bisa memilih kulit lembut atau kain lembut. Kedua bahan tersebut memungkinkan kaki anak Anda menerima udara dari ventilasi yang telah dibuat. Bahan yang lembut pun perlu diperhatikan agar tidak mengganggu pertumbuhan kaki anak Anda. Sebagai saran saja, untuk anak yang baru bisa pertama kali melangkah bisa mengenakan sepatu yang berbahan dasar kain yang lembut.

3. Memiliki Ruang yang Cukup untuk Jari-jari Kaki

Sepatu yang akan anak Anda gunakan dalam kesehariannya harus memiliki ruang yang cukup untuk jari-jarinya bergerak dan menekuk. Selain itu, sepatu anak tersebut harus memiliki ruang antara tumit kaki anak dan tumit sepatu.

Ruang-ruang tersebut berfungsi menyediakan tempat untuk kaki anak yang masih akan bertumbuh. Di sisi lain, sepatu Tamagoo yang memiliki ruang yang cukup untuk jari-jari akan terasa lebih nyaman, bahkan orang dewasa sekalipun.

4. Beli Sepatu Anak pada Sore Hari

Upayakan membeli sepatu anak saat menjelang sore hari. Hal ini perlu dilakukan agar ukuran sepatu dan kaki anak Anda pas. Berbeda dengan pagi hari disaat kaki anak Anda mengalami pertambahan ukuran, bisa jadi sepatu yang telah diberi sebelumnya kekecilan. Waktu dalam membeli sepatu anak ternyata berpengaruh juga terhadap ukuran kaki anak Anda yang masih dalam masa pertumbuhan tersebut.

5. Pertimbangan dalam Memilih Model Sepatu

Dalam memilih model sepatu anak perlu sekali pertimbangan, khususnya apakah Anda akan membeli sepatu dengan model tali atau tidak. Hanya sebagai saran saja agar Anda membeli sepatu anak yang menggunakan perekat saja agar tidak mudah tersandung saat pertama kali belajar melangkah. Di sisi lain sepatu yang menggunakan perekat akan memudahkan Anda gunakan pada kaki anak yang mungil tersebut.

Demikianlah tips cerdas dalam memilih sepatu anak Tamagoo yang nyaman dan tepat. Perlu kehati-hatian yang tinggi dalam memilih sepatu anak agar tidak mengganggu proses pertumbuhannya. Apabila Anda tidak memilih sepatu yang tepat, maka bisa saja kaki anak Anda akan melepuh. So, perhatikan dengan detail dan rinci saat ingin membeli sepatu anak dari bahan apapun.