6 Tips WFH Produktif dan Efektif yang Bisa Anda Terapkan di Rumah

6-Tips-WFH-Produktif-dan-Efektif-yang-Bisa-Anda-Terapkan-di-Rumah
Foto dari Canva

Selama pandemi berlangsung, istilah Working From Home (WFH) tidak lagi terdengar asing untuk Anda yang biasa bekerja di kantor. Nah, ketika harus WFH, tentu saja Anda memerlukan paket internet rumah yang berkualitas agar kerja Anda bisa lancar. Nah, berikut 6 tips WFH produktif yang bisa Anda terapkan saat bekerja dari rumah!

1. Buat Jadwal Kerja dan Aktivitas di Rumah

Membuat jadwal aktivitas merupakan tips pertama yang cukup penting untuk Anda. Dilansir dari Forbes, dengan membuat jadwal atau to do list, Anda bisa memprioritaskan aktivitas yang bisa diselesaikan lebih dahulu.

Hasilnya, waktu Anda bisa jadi lebih efisien dalam melakukan berbagai pekerjaan. Tentu saja hal ini bisa memberikan waktu luang yang banyak agar dapat Anda gunakan untuk beristirahat.

2. Atur Ruang Kerja

Mengatur ruang kerja sendiri merupakan tips WFH produktif kedua yang bisa Anda terapkan selama bekerja di rumah. Untuk melakukan ini, Anda bisa menempatkan alat-alat penunjang pekerjaan Anda di satu sudut atau area yang sama. Dengan begitu, Anda bisa lebih produktif bekerja dan terhindar dari distraksi di sekitar.

3. Bangun Pagi dan Tidur Tepat Waktu

Tidur juga menjadi hal penting dalam meningkatkan produktivitas Anda selama bekerja di rumah. Sebab, tidur yang baik dapat mempengaruhi kualitas istirahat dan akan membuat Anda lebih mudah untuk bangun pagi.

Jangan salah, bangun pagi juga menjadi salah satu strategi yang baik untuk mempersiapkan diri sebelum memulai aktivitas kerja. Sebab dengan bangun sejak pagi, Anda punya waktu luang untuk bersantai, bereskan pekerjaan rumah, atau bersiap-siap sebelum kerja.

4. Istirahat Secukupnya

Memberikan tubuh dan pikiran Anda waktu istirahat yang cukup juga merupakan salah satu tips agar WFH bisa lebih produktif. Selain itu, Anda juga bisa sejenak mengalihkan pikiran untuk mengisi ulang energi.

Misalnya, dengan menghabiskan 20 menit bermain bersama anak-anak, berjalan-jalan ke taman, atau berbicara dengan orang tua Anda, dan sebagainya.

5. Berpakaian seperti Berada di Kantor

Pakaian yang Anda kenakan selama bekerja di rumah juga dapat mempengaruhi produktivitas kerja loh. Apabila sudah berdandan serta berpakaian rapi, hal ini menjadikan motivasi Anda mengawali hari untuk bekerja dengan baik. Hal ini juga sangat membantu Anda untuk menghadiri rapat video dadakan tanpa perlu khawatir.

6. Menggunakan Provider Internet yang Lancar

Internet yang lancar dan cepat menjadi salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi kinerja Anda selama bekerja WFH. Berkat internet yang stabil seperti punya Oxygen, seluruh aktivitas kerja Anda tidak akan terganggu dan pekerjaan pun akan cepat selesai.

Demikian penjelasan 6 tips melaksanakan WFH yang produktif agar Anda bisa selalu semangat dan giat ketika bekerja di rumah. Setelah menerapkan tips-tips ini, maka Anda tidak akan mudah merasa bosan dan lelah ketika bekerja.

Semoga dari tips-tips ini bisa Anda terapkan pada aktivitas sehari-hari agar tetap produktif dalam menjalani hari.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.