Sesudah Lakukan Perjalanan Jauh, Anda harus lakukan beberapa kontrol pada mobil kecintaan.

Masalahnya mobil yang sudah lakukan perjalanan jauh sekaligus juga bawa beban rawan pada beberapa permasalahan. Karenanya, sebaiknya mobil memperoleh perlakuan spesial supaya berasa nyaman kembali waktu digunakan harian.

Diambil dari beberapa sumber, ada banyak sisi elemen mobil yang perlu dikerjakan penelusuran, diantaranya:

1. Oli serta transmisi

Elemen pertama yang perlu dicek ialah oli serta transmisi. Apa keduanya masih wajar gunakan? Bila tidak, karena itu selekasnya ubah. Oli gardan serta oli transmisi itu harus ditukar bila mobil sudah tempuh jarak lebih dari 20 ribu km..

2. Radiator

Janganlah lupa cek ketinggian air radiator sesudah perjalanan jauh. Apa masih sesuai dengan standard ataukah tidak. Bila mobil yang dipakai telah uzur, lebih baiknya menguras airnya. Radiator sendiri ialah elemen yang dipakai untuk mengalihkan daya panas dari satu medium ke medium yang lain.

3. Aki

Elemen setelah itu aki. Yakinkan rumah aki tidak kekurangan atau kelebihan air. Cek juga kekencangan terminal serta kualitas air aki. Untuk didapati, aki yang baik ialah bila volt mtr. tunjukkan angka 12 sampai 13 volt waktu mesin mati.

4. Rem

Elemen harus cek setelah itu rem. Pasti elemen yang satu ini tidak butuh diterangkan manfaatnya dalam satu kendaraan.

Coba check ketebalan kampas dan minyak rem. Lihat juga adakah tanda-tanda kebocoran ataukah tidak. Jika iya, karena itu komponennya harus ditukar.

5. Lampu

Elemen harus check yang lain ialah lampu. Masalahnya perjalanan mudik tempuh waktu yang panjang, tidak kecuali pada malam hari.

Dalam soal ini, yakinkan lampu berperan secara baik. Periksalah lampu penting, lampu kabut, serta lampu sein.

6. Ban

Perjalanan jauh seperti mudik membuat ban aus. Karena itu, check elemen ini. Yakinkan desakan anginnya.

Penelusuran ini berlaku padaban cadangan. Ingat, ban yang baik bisa menolong pengaturan mobil supaya optimal.

7. AC

Waktu mudik, elemen ini bermanfaat supaya perjalanan masih nyaman. Sebab kerja lumayan lama, check elemen ini setelah tiba rumah.

Apa yang perlu dilihat pada AC ialah kapasitas kompresor serta magnetic clutch. Dua elemen ini rusak, karena itu kapasitas AC tidak akan optimal.