Beberapa riset sudah dikerjakan untuk menunjukkan faedah penyembuhan yang dipunyai habbatussauda. Salah satunya untuk menolong penyembuhan diabetes, hipertensi, cholesterol tinggi, serta kanker.

Diluar itu, jintan hitam mempunyai dampak antibakteri, diuretik, antiperadangan, analgesik, menguatkan kebal badan, serta baik untuk kesehatan organ ginjal, lambung, dan hati. Faedah itu datang dari thymoquinone (TQ) yang terdapat dalam habbatussauda.

Dengan faedahnya yang banyak ini, jintan hitam memberi kesan-kesan jadi obat herbal yang bisa menyembuhkan beberapa penyakit. Tetapi, bagaimana manfaat itu dilihat dari bagian medis?

1. Menyembuhkan darah tinggi (hipertensi)

Dalam studi bertaraf kecil, habbatussauda terlihat bisa turunkan tekanan darah tinggi. Pada studi itu, kelihatan terdapatnya penurunan tekanan darah pada subyek yang ditelaah, sesudah konsumsi ekstrak habbatussauda sepanjang delapan minggu. Namun, efektivitas serta keamanan obat herba ini dengan klinis belum didapati.

2. Menyembuhkan cholesterol tinggi

Cholesterol memang diperlukan badan. Tetapi bila terlalu berlebih, bisa tingkatkan efek berlangsungnya beberapa penyakit, seperti stroke serta penyakit jantung. Beberapa studi tunjukkan jika jintan hitam bisa turunkan kandungan cholesterol jahat (LDL) serta trigliserida, dan tingkatkan kandungan cholesterol baik.

3. Jaga kandungan gula darah

Gula darah tinggi adalah salah satunya sinyal penyakit diabetes. Gejalanya dapat berbentuk seringkali haus, gampang capek, serta kesusahan berkonsentrasi. Diabetes yang tidak diobati serta bisa menyebabkan kehancuran saraf, masalah pandangan, dan melambatnya pengobatan cedera.

Pada suatu sudi, mengonsumsi jintan hitam sepanjang beberapa minggu kelihatan bisa kurangi kandungan gula darah serta resistensi insulin. Dampak habbatussauda ini disangka baik untuk penyakit diabetes, namun data klinis yang didapatkan selama ini belum bisa pastikan hal itu.

4. Mempunyai dampak antiradang

Salah satunya dampak habbatussauda yang dipercaya baik untuk kesehatan ialah kekuatannya dalam kurangi peradangan. Riset klinis rasio kecil sepanjang 3 bulan pada pasien asma tunjukkan jika habbatussauda bisa kurangi keparahan serta frekwensi serangan asma.

Studi lain tunjukkan jika obat herba ini dapat menolong menangani penyakit lain karena peradangan, seperti sinusitis, alergi, serta radang sendi.

5. Menantang infeksi

Habbatussauda mempunyai karakter antibakteri serta antivirus. Ini dibuktikan dari satu riset yang tunjukkan jika obat herba ini dapat memberantas virus pemicu hepatitis C, HIV, serta flu. Habbatussauda juga kelihatan bisa menghalangi perkembangan bakteri serta jamur, hingga dipandang dapat menantang infeksi.

6. Membuat perlindungan hati

Beberapa riset pada hewan tunjukkan jika jintan hitam bisa menahan kehancuran organ hati. Faedah ini berkaitan dengan kandungan anti-oksidan pada jintan hitam yang mempunyai peranan antiperadangan.

7. Menahan kanker

Thymoquinone adalah senyawa aktif yang terdapat di biji jintan hitam. Senyawa ini disebutkan memiliki dampak antikanker. Pada beberapa riset pada hewan, thymoquinone bisa kurangi ukuran tumor ganas. Diluar itu, uji laboratorium tunjukkan jika thymoquinone dengan efisien bisa menghalangi perkembangan sel kanker.