Mobil merupakan kendaraan pribadi yang banyak digunakan masyarakat dewasa ini. Tak harus golongan atas saja, mobil telah menjadi kendaraan masyarakat kelas menengah kebawah. Apalagi harga mobil bekas yang terbilang murah dan bisa dijangkau oleh siapa saja. Tak harus membayar secara tunai, Anda bisa mendapatkan kredit mobil bekas dengan syarat dan ketentuan yang mudah.

Sebelum Anda tertarik untuk membeli mobil bekas, sebaiknya pertimbangkan dulu kelebihan dan kekurangan membeli mobil bekas secara perseorangan atau dealer berikut ini.

Kelebihan dan kekurangan membeli mobil bekas perseorangan

Jual beli mobil bekas bisa dilakukan dengan mudah di era digital. Lewat media sosial atau situs jual beli mobil online, Anda bisa mendapatkan informasi terkait penjualan mobil perseorangan. Tinggal pilih mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda, maka transaksi mobil bekas bisa langsung dilakukan.

Berikut beberapa kelebihan membeli mobil bekas perseorangan:

  1. Lebih murah

Mobil bekas perseorangan biasanya memberikan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan harga dealer. Hal ini dikarenakan tidak ada perantara yang menjembatani transaksi pembelian. Anda bisa langsung bertemu dengan penjual untuk melihat kondisi mobil.

  1. Transaksi lebih fleksibel

Cukup mengetahui alamat sang penjual mobil bekas, Anda bisa langsung datang dan melakukan pengecekan dan pembicaraan lebih lanjut. Lebih fleksibel dan praktis tanpa harus keluar banyak biaya, waktu dan tenaga.

Membeli mobil bekas secara perseorangan tetap memiliki beberapa kekurangan antara lain:

  1. Tidak ada jaminan mobil berkualitas

Anda harus selektif dalam memilih penjual yang terpercaya agar bisa mendapatkan mobil yang berkualitas. Tidak ada jaminan mobil tidak rentan mengalami kerusakan setelah transaksi disepakati. Selepas mobil menjadi milik Anda, kerusakan yang terjadi diluar tanggung jawab sang penjual lagi.

  1. Antisipasi sparepart palsu atau penipuan

Penjual bisa saja mengganti spare part atau bagian-bagian kecil yang lepas dari pengamatan Anda selama pengecekan. Selain itu, Anda harus berhati-hati agar tidak terkena penipuan jual beli mobil bekas. Oknum nakal bisa saja membuat surat-surat atau plat nomor mobil palsu untuk melakukan kriminalitas.

  1. Pembelian harus tunai

Mungkin Anda bakal kesulitan mendapatkan mobil berkualitas dengan sistem kredit kalau membeli di penjual perseorangan.

Kelebihan dan kekurangan mobil bekas di dealer

Kredit mobil bekas pada dealer bisa menjadi pilihan untuk Anda yang enggan mengambil risiko. Simak daftar kelebihan yang ditawarkan transaksi via dealer berikut ini.

  1. Pilihan yang beragam

Dealer menawarkan berbagai pilihan mobil berkualitas dengan variasi harga yang bisa disesuaikan dengan dana yang Anda miliki.

  1. Uang muka dan angsuran yang bisa disesuaikan

Dealer memberikan kemudahan pada para pelanggan untuk membeli mobil secara kredit. Dengan sistem uang muka dan angsuran per bulan, Anda bisa memilih mana yang paling sesuai dengan kondisi finansial.

  1. Jaminan atau garansi kualitas mobil

Pihak dealer menjamin garansi dan kualitas mobil yang tidak akan Anda dapatkan kalau membeli mobil bekas perseorangan.

Membeli mobil bekas di dealer memang harus siap dengan harga yang lebih kompetitif. Namun, harga yang relatif sebanding dengan kualitas mobil selama Anda memilih dealer yang terpercaya. Pasalnya, ada dealer mobil bekas yang melakukan kecurangan dengan menutupi kekurangan pada mobil agar terjual dengan harga tinggi saja. Pilih dealer yang benar-benar kredibel dalam hal ini.

Nah, Anda bisa mempertimbangkan pengajuan kredit mobil bekas sekarang juga. Dengan cara memilih mobil dan leasing terpercaya di Garasi.id, Anda bisa melengkapi formulir termasuk urusan uang muka dan angsuran sesuai tenor yang disepakati. Selanjutnya pihak Garasi.id akan menghubungi Anda untuk informasi kelanjutan transaksi. Anda juga bisa mendapatkan kemudahan pembayaran dengan BCA Syariah. Lebih aman, mudah dan terpercaya, bukan? Yuk, beli mobil bekas terbaik sekarang juga!