Virus Korona sudah menjadi musuh seluruh masyarakat dunia karena virus ini telah banyak membunuh manusia dengan menyerang sistem pernafasan. Mereka yang terinfeksi virus ini, akan mengalami gejala batu kering, demam dan sesak nafas. Fase akhirnya virus akan merusak paru-paru dan terjadilah kondisi pneumonia akut yang fatal. Angka kematian akibat virus ini di dunia saja sudah lebih dari 40.000 jiwa dan telah menginfeksi lebih dari 800.000 jiwa di seluruh dunia termasuk di Indonesia.

Hingga saat ini, kasus positif covid19 di Indonesia mencapai lebih dari 1.600 jiwa dengan jumlah kematian sebanyak 150 lebih. Jumlah kematian di Indonesia cukup tinggi karena menyentuh angka 8% dari total kasus yang ada. Padahal seharusnya virus ini bisa dilawan dengan sistem imun yang kuat bahkan seseorang dengan positif covid19 bisa tak memiliki gejala sakit apapun meski ia tetap bisa menulari orang lain. Harapan selalu ada dan layak untuk diperjuangkan. Angka kesembuhan di Indonesia terus naik dan mencapai 100 orang sembuh yang sudah dipulangkan dari rumah sakit. Angka ini diharapkan akan terus bertambah dan tidak banyak kasus baru yang terjadi pada rapid tes yang dilakukan pemerintah untuk memetakan siapa saja yang berpotensi menularkan virus, agar dapat mengisolasi mereka yang positif sehingga tidak melakukan penularan.

Untuk membantu upaya pemerintah serta tenaga kesehatan, masyarakat di rumah bisa turut membantu dengan cara-cara sederhana. Berikut ini adalah cara sederhana yang dampaknya sangat besar bagi kesembuhan dan musnahnya virus Corona di Indonesia:

1. Di rumah saja.

Dengan hanya di rumah saja, Anda sudah turut membantu pemerintah dan tenaga medis memutus mata rantai penyebaran Covid19. Dengan di rumah saja, resiko terinfeksi virus akan semakin kecil bahkan tidak ada sama sekali asalkan semua anggota keluarga sehat dan Anda tidak menerima tamu dari luar.

2. Jaga jarak.

Jika ada tamu yang datang, tak mengapa jika Anda tidak mempersilahkan ia masuk namun hanya bertamu di teras. Jaga jarak minimal 1 meter agar tidak terjadi kontaminasi droplet pada saat tamu bersin atau batuk. Ingat, carrier corona tidak menampakkan gejala namun tetap bisa menularkan virus.

3. Menjaga kebersihan lingkungan.

Lingkungan sekitar rumah bisa saja terkontaminasi virus akibat masih adanya aktifitas dari warga. Lakukan penyemprotan menggunakan cairan desinfektan khususnya di dinding, tiang atau bagian lain yang mungkin dipegang.

4. Kebersihan rumah.

Lingkungan perlu dibersihkan apalagi didalam rumah. buatlah cairan desinfektan dan gunakan untuk menyemprot tempat-tempat yang sering dipegang misalnya gagang pintu dan pagar, bel, tombol lampu, keran dan sebagainya.

5. Cuci tangan.

Ajarkan kepada seluruh anggota keluarga untuk sering-sering mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Virus corona akan mati jika terkena sabun atau detergen.

6. Cuci pakaian setelah keluar rumah.

Jika Anda terpaksa keluar rumah, setibanya di rumah segera mandi, dan ganti pakaian. Cuci pakaian menggunakan detergent untuk mematikan virus yang mungkin menempel.

Itulah cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk membunuh dan memutus mata rantai penyebaran virus korona. Melawan Corona harus dilakukan bersama-sama dengan kesadaran dan dimulai dari diri sendiri dari hal-hal yang kecil. Diharapkan dengan kepatuhan masyarakat, bangsa Indonesia akan segera melewati ujian ini dan kembali bisa beraktivitas dengan normal seperti biasa. jangan lupa tingkatkan sistem imunitas tubuh dengan makan makanan sehat setiap hari untuk melawan virus dari dalam.