Dispepsia merupakan sebuah sindrom yang dapat terjadi karena pola hidup tidak sehat. Penyebab paling rentan adalah pola makan yang tidak dilakukan dengan baik. Anda yang mengalami penyakit ini akan mengalami berbagai gejala dispepsia sehingga mengganggu aktivitas.

Gejala terjadinya Dispepsia

Anda yang mengalami penyakit Dispepsia tentunya akan merasakan berbagai gejala pada tubuh. Kondisi yang akan sangat mengganggu dan harus segera mendapatkan penanganan. Berikut gejala yang akan dialami.

1. Setelah Makan

Anda akan mudah merasakan kenyang saat sedang makan. Lalu setelah itu disertai dengan kembung dan begah yang berkelanjutan. Gejala lainnya setelah makan akan merasa tidak nyaman di bagian ulu hati dan disertai dengan rasa perih juga sakit.

2. Kondisi Hati

Gejala lainnya akan merasakan sensasi panas terbakar di bagian ulu hati yang menjalar ke bagian tenggorokan. Saat merasakan nyeri di bagian ulu hati Anda akan merasakan ketidaknyamanan di bagian perut karena sakit atau pun kembung.

3. Mual Muntah

Dalam beberapa kasus Anda akan mengalami gejala mual dan muntah yang terjadi terus-menerus. Saat mual dan munta bisa juga mengalami sesak napas. Bahkan setelah muntah Anda akan mengalami rasa perih karena panas terbakar di bagian lambung atau kerongkongan.

4. Buang Gas

Gejala lainnya yang akan dialami adalah keseringan buang gas dan mengeluarkan aroma tidak sedap. Ada rasa kembung di dalam perut yang akhirnya membuat nafsu makan menurun dan akhirnya membuat asam lambung menjadi naik.

Cara Penanganan Sindrom Dispepsia

  • Makan sedikit demi sedikit dan dikunyah dengan benar. Makanan yang dikonsumsi tentunya bukan makanan siap saji. Anda harus terbiasa menerapkan makanan sehat yang dimasak sendiri.
  • Hindari makanan berlemak dan terlalu pedas. Anda sebaiknya mengutamakan makanan dengan kandungan gizi dari nabati.
  • Olahraga secara teratur agar stamina selalu terjaga. Cukup dilakukan secara rutin paling tidak 30 menit dalam satu kali olahraga.
  • Mengelola stress dengan baik agar tidak mengalami masalah yang lebih besar.
  • Jangan membiasakan diri mengonsumsi anti nyeri.

Anda jangan ragu untuk segera mengambil tindakan penanganan yang tepat saat mengalami gejala dispepsia. Jangan sampai dibiarkan terlalu lama karena risiko yang akan dialami oleh lambung dan saluran pencernaan menjadi lebih besar.