Setelah melewati masa sembilan bulan kehamilan dan menghadapi momen kelahiran, Anda tentu akan memusatkan perhatian pada langkah selanjutnya, yaitu membawa si kecil pulang. Salah satu yang wajib dipersiapkan saat si kecil tiba di rumah yaitu perlengkapan bayi. Bukan hanya pada minggu-minggu pertama saja, tetapi untuk 6 bulan ke depan.

Daftar Perlengkapan Bayi Setelah Lahiran yang Wajib Punya

Momen 0-6 bulan merupakan waktu untuk beradaptasi dengan lingkungan rumah dan bayi butuh perawatan yang intens. Oleh sebab itu, pastikan untuk menyediakan perlengkapan bayi yang tepat. Berikut sejumlah perlengkapan tersebut:

1. Pakaian dan popok

Setiap hari setelah mandi, Si Kecil tentu memerlukan popok dan pakaian. Untuk kenyamanannya, pilihlah produk yang sesuai dengan kondisi kulitnya.

Setelahnya, pakaikanlah jenis pakaian yang tepat untuknya. Jangan lupa untuk segera mengganti baju atau popoknya jika basah, supaya si kecil tetap terjaga kebersihan dan kesehatannya.

2. Perlengkapan Tidur Bayi

Bayi yang baru lahir biasanya akan lebih sering tertidur. Oleh sebab itu, Anda harus menyiapkan perlengkapan tidur Si Kecil dengan cermat.

Sediakan tempat tidur bayi yang nyaman dengan pembatas yang aman. Tambahkan selimut hangat sebagai pelengkap wajib. Usahakan bayi yang baru lahir untuk memiliki area tidur sendiri untuk keamanan dan kenyamanannya.

3. Peralatan Mandi

Peralatan mandi merupakan salah satu perlengkapan bayi yang wajib tersedia di rumah. Contohnya saja, bak mandi, kain waslap atau spons mandi, shampo dan sabun khusus untuk Si Kecil.

Selain itu, persiapkan juga perlengkapan setelah mandi seperti baby oil, handuk, minyak telon, body lotion, bedak, tisu basah, perlak atau alas kedap air.

4. Perlengkapan untuk menyusui

Bilamana Anda ingin menyusui si kecil dari bulan pertama sampai 6 bulan berikutnya secara penuh, sebaiknya gunakan perlengkapan menyusui. Tujuannya yaitu untuk memudahkan aktivitas ibu saat menyusui.

Contohnya saja bantal untuk menyusui yang dapat membuat ibu tidak merasa sakit saat menyusui. Benda tersebut akan melindungi bagian punggung dengan baik. Selain itu, terdapat breast pad yang bermanfaat untuk menyerap air susu ibu supaya tidak membasahi pakaian.

5. Peralatan kebersihan ruangan

Bayi yang baru lahir tentu masih sangat sensitif dengan kondisi di sekitarnya. Oleh sebab itu, selalu jaga kebersihan kamarnya, salah satunya dengan memerhatikan kondisi udara di rumah. Bersihkan ruangan secara rutin baik lantai maupun benda-benda di sekitarnya.

Jika memungkinkan, gunakan air purifier di dalam ruangan yang berfungsi untuk membersihkan udara yang dihirup si Kecil bersih, sehingga kesehatan pernafasannya tidak terganggu. Tambahkan beberapa tanaman hijau dalam pot untuk membuat udara semakin bersih dan sejuk.

6. Perlengkapan untuk bepergian

Saat si kecil memasuki bulan pertama, mungkin Anda masih banyak menghabiskan waktu dengannya di rumah. Namun, bulan-bulan selanjutnya, si kecil pasti akan semakin siap untuk dibawa keluar atau bepergian. Jika sudah sampai masa tersebut, Anda harus siap dengan segala keperluannya, seperti selimut atau baju hangat, botol susu, gendongan bayi atau bahkan kereta bayi dan car seat untuk diletakkan di dalam mobil.

7. Perlengkapan kesehatan

Yang terakhir, Anda jangan sampai melupakan perlengkapan untuk menjaga kesehatannya.

Kebutuhan yang satu ini bahkan bisa masuk sebagai prioritas untuk si Kecil. Beberapa perlengkapan kesehatan yang wajib tersedia yaitu termometer dan kotak P3K. Selain itu, jangan lupa untuk rutin cek kesehatan untuk memantau tumbuh kembang si kecil dengan baik.

Untuk mengetahui tentang informasi seputar tips dan perlengkapan bayi lainnya, cek saja di https://parenting.orami.co.id. Semua tips yang diberikan sangat bermanfaat, bukan untuk si kecil saja, tapi juga untuk ibu dan para orang tua.