Wajah merupakan pusat seseorang berkenalan, berkomunikasi dan berekspresi. Wajah memiliki organ perasa yaitu lidah, hidung, mata dan telinga. Wajah berada di bagian depan kepala dan memanjang, bentuknya didasarkan pada struktur tulang dan otot wajah. Bagian-bagian wajah meliputi dahi yang berada dibagian bawah pada batas tumbuh rambut dan berbatasan dengan alis, mata yang memiliki rongga maya dan dilindungi dengan adanya kelopak mata dan bulu, hidung yang memiliki septum dan lubang hidung, pipi yang melindungi tulang maxilla dan rahang, mulut yang memiliki gigi dan lidah. Wajah memiliki simpul unik dan setiap wajah memiliki pori-pori. Beberapa wanita memiliki pori-pori besar sehingga membutuhkan cara mengecilkan pori-pori wajah.

Di wajah terdapat dua pori-pori yaitu pori-pori keringat dan pori-pori minyak. Pori-pori keringat berukuran lebih kecil dan tersumbat oleh folikel rambut pada permukaan kulit dan pori-pori minyak yang menjadi tempat tumbuhnya rambut dan mengeluarkan minyak dan menjadi masalah pada wajah wanita. Pori-pori pada wajah memiliki fungsi untuk menjadi tempat tumbuhnya rambut dan minyaknya dapat melindungi kulit dari sinar matahari dan sekitar 5 juta pori-pori pada tubuh manusia termasuk di wajah sebanyak 20 ribu. Jika sinar matahari terpapar langsung di wajah maka dapat menyebabkan pori menjadi membesar karena dapat melemahkan kolagen.

Berikut adalah kebiasaan yang memicu pembesaran pori-pori diantaranya:

  • Malas membersihkan wajah sedangkan wajah sering menggunakan produk kosmetik yang menyumbat kotoran dan minyak sehingga menimbulkan komedo.
  • Banyak mengonsumsi makanan berlemak akan membuat wajah mudah berminyak dan berkomedo sehingga membuat pori-pori menjadi terbuka lebar.
  • Tidak memberikan jeda pada wajah dimana penggunaan make up tebal dilakukan setiap hari sehingga memberikan resiko luka dan meningkan pori-pori menjadi besar dan membuat komedo semakin banyak.
  • Memencet komedo tidak dilakukan oleh ahlinya akan membuat wajah menjadi iritasi sehingga akan mengeluarkan komedo tanpa menutupnya kembali sehingga akan membuat pori menjadi besar dan terisi dengan kotoran.
  • Sering terpapar sinar matahari sehingga merusak elastin dan kolagen yang membuat wajah menjadi kendur dan lebih cepat mengalami penuaan dini hingga kanker kulit.

Untuk mengecilkan pori-pori dapat dilakukan menggunakan scrub sehingga akan membuang sel kulit mati dan hal ini dilakukan setidaknya sekali dalam seminggu. Mikrodermabrasi dengan cara membuang kulit mati dengan mengikis kulit mati secara keseluruhan pada salon kecantikan. Dapat menggunakan toner yang menjadi pembersih kotoran dan minyak yang tersisa pada wajah dan sebaiknya digunakan sebelum memakai pelembab pada wajah karena toner akan mengembalikan pH normal kulit dengan cara menepuk-nepuknya. Menggunakan face primer untuk mengecilkan pori dan membuatnya tampak lebih mulus.

Berikut adalah cara memperkecil pori-pori diantaranya:

  • Bengkoang, dengan cara memarutnya dan menambahkannya dalam air lalu menggunakan sarinya untuk menjadi masker selama beberapa menit lalu dibilas.
  • Timun, dengan mengirisnya lalu menempelkannya pada wajah selama 30 menit kemudian dibilas atau memarutnya dan mengambil airnya dan mengoleskannya pada wajah.
  • Kentang, dengan cara menghaluskan kentang rebus dan menambah susu hingga seperti pasta dan mengoleskannya pada wajah.

Cara mengecilkan pori-pori wajah dengan tomat, caranya adalah menumbuk tomat hingga halus dan mengoleskannya pada wajah. Pisang yang ditumbuk halus, mencampurkannya dengan madu lalu menjadi masker dengan kandungan vitamin C yang efektif. Alpukat yang menjaga kulit kenyal dengan menggunakan daging alpukat menjadi masker tanpa memberikan penambahan lainnya.