Kenali 4 Jenis Penipuan Pada Kartu ATM Anda

Kenali-4-Jenis-Penipuan-Pada-Kartu-ATM-Anda
Foto dari Canva

Era digital memberikan banyak kemudahan dalam hidup masyarakat modern, termasuk urusan finansial dan perbankan. Kini Anda bisa melakukan transaksi keuangan dengan modal ponsel dan internet saja. Namun, pastikan Anda melakukan transaksi yang aman agar terhindar dari aktivitas ilegal phishing dan skimming. Dua aktivitas penipuan online untuk membobol kartu debit dan kartu kredit yang Anda miliki. Pastikan Anda melakukan transaksi dengan kartu ATM atau transaksi online lewat m-banking yang aman, ya!

Jenis Penipuan Pada Kartu ATM

Supaya Anda terhindar dari risiko penipuan yang merugikan materil, sebaiknya ketahui jenis penipuan pada kartu ATM yang wajib Anda waspadai yaitu :

1. Penipuan online

Biasanya jenis penipuan online memanfaatkan kelalaian atau ketidaktahuan Anda saat melakukan transaksi online. Anda harus waspada dengan tidak pernah memberikan informasi atau fasilitas Card Not Present pada orang lain.

Para penipu akan menggunakan nomor kartu, kode CVV dan kode OTP tidak boleh bocor ke pihak ketiga. Bila Anda melakukan transaksi online yang membutuhkan informasi pribadi tersebut, sebaiknya Anda menghentikan dan melaporkan kejadian tidak wajar tersebut.

2. Penipuan melalui telepon atau surel

Dewasa ini, Anda pasti sering mendapatkan pesan atau panggilan dari para pembajak yang memanfaatkan kesempatan. Para pembajak kartu ini akan melakukan panggilan dengan berpura-pura sebagai pihak bank untuk mengetahui informasi pribadi mengenai kartu Anda.

Anda harus segera melaporkan pada pihak bank bila ada indikasi scam atau penipuan yang dilakukan atas klaim menang undian, pembaharuan data di perbankan, sistem yang bermasalah, dan lain-lain.

3. Penipuan lewat survey online

Hati-hati bila Anda bergabung dengan lembaga survei untuk mengakses data pribadi Anda, termasuk nomor rekening dan kartu debit atau kartu kredit. Apalagi Anda tergoda dengan iming-iming hadiah atau bayaran lewat survey online tanpa sadar telah dibajak oknum tidak bertanggungjawab. Bila mengikuti program tertentu dari lembaga survei online, maka pastikan bahwa lembaga survei telah terverifikasi legal dan menjamin kerahasiaan data pribadi Anda.

4. Penipuan skimming

Kasus skimming sempat heboh beberapa waktu lalu sebab tidak melanda orang dengan saldo banyak saja, tetapi orang dengan saldo menengah ke bawah yang melakukan transaksi di mesin ATM. Biasanya kamera kecil diletakkan di sisi mesin ATM untuk merekam semua tindakan Anda, termasuk mengetahui nomor PIN yang Anda pencet di mesin tersebut. Usahakan untuk mengambil uang di ATM yang aman, ada petugas penjaga dan cek kembali sekitar ATM tidak ada alat phising ini.

Segera laporkan kepada pihak bank bila kartu debit Anda hilang atau rusak untuk dilakukan penggantian secepat mungkin. Kartu yang hilang harus segera diblokir untuk mencegah tindakan yang merugikan Anda secara materiil, ya!

Usahakan untuk selalu meneliti tagihan agar Anda bisa mengecek bila terjadi aktivitas transaksi yang mencurigakan pada mutasi rekening bulanan. Bila ada aktivitas keuangan yang tidak kamu lakukan, sebaiknya segera lapor pihak bank untuk ditangani segera mungkin.

Untuk mendukung keamanan kartu ATM Anda terhindar dari risiko penipuan oknum nakal, sebaiknya selalu lakukan penggantian nomor PIN secara berkala. Anda juga wajib memasang notifikasi wajib pada telepon seluler agar bisa memantau aktivitas debet dan kredit transaksi di nomor rekening. Jaga rahasia kartu Anda agar tidak terjadi penipuan online yang merugikan keuangan pribadi. Tidak hanya berlaku untuk kartu debit saja, Anda juga harus menjaga kerahasiaan yang sama untuk kartu kredit, ya! Yuk, jaga keamanan kartu bank Anda sekarang!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *