Sesudah lakukan perjalanan jauh, pemilik kendaraan tetap harus jaga perform mobil. Ini terkait dengan perjalanan jauh yang sudah dikerjakan. Lebih jika mobil terjerat macet sepanjang berjam-jam.

Lalu apa yang perlu dicheck? , berikut elemen mobil yang perlu dicheck.

1. Pelumas atau Oli

Walau sebelum pergi mudik telah dikerjakan perubahan oli, pemilik kendaraan semestinya masih dikerjakan penelusuran apa ada kebocoran ataukah tidak. Lihat melalu dipstick, serta kemudian lihat apa sisi di seputar mesin ada yang basah karena serapan oli ataukah tidak.

2. Filter Bahan Bakar

Spesial buat kendaraan bermesin diesel, semestinya mengecek filter bahan bakarnya. Pemakaian bahan bakar sepanjang mudik dengan beberapa keadaan membuat filter bahan bakar ini rawan kotor. Pergantian filter dengan teratur meminimalkan kotoran masuk ke proses pembakaran.

3. Kaki-Kaki

Bermacam keadaan jalan membuat sisi ini rawan dipengaruhi serta memerlukan kontrol lengkap. Kontrol kaki-kaki cukup gampang. Sisi shockbreaker contohnya, pemilik cukup lihat serta meraba sisi tabung. Bila ada serapan oli bisa saja perangkat alami kehancuran.

Sisi kaki-kaki termasuk juga keadaan ban. Sesudah penggunaan mudik cek keadaan desakan ban, pun tidak lupa lihat Tread Wear Indicator (TWI) berbentuk segitiga untuk lihat tingkat keausan ban.

4. Rem

Untuk sisi ini, coba cek ketebalan kampas rem. Karena, keadaan perjalanan mudik yang bermacam memaksakan rem kerja keras.

5. Sisi dalam Mobil

Sepanjang perjalanan kabin mobil jadi seperti rumah ke-2. Karena itu tentu banyak sisa-sisa makanan di kabin, bila dibiarkan kotoran ini bisa menjadi kuman penyakit. Karena itu semestinya membersihkan kabin mobil secara detail memakai vacuum cleaner.