Memasuki bulan Ramadhan membuat umat muslim mulai berbondong bondong memborong keperluan keluarga, salah satunya menyiapkan menu berbuka dan sahur. Sahur adalah saat yang sangat penting karena menyiapkan nutrisi seimbang untuk menjalankan puasa selama sehari penuh. Makanan saat sahur yang paling baik memang memenuhi segala nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Yuk simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui nutrisi sahur terbaik.

Makanan yang Direkomendasikan untuk Sahur

1. Karbohidrat sebagai Menu Utama

Masyarakat Indonesia terbiasa dengan mengkonsumsi nasi sebagai sumber karbohidrat utama, tetapi tahukah anda bahwa terdapat banyak pilihan sumber karbohidrat lainnya. Anda dapat memilih beras merah atau roti gandum untuk memenuhi asupan nutrisi harian. Kedua pilihan tersebut memiliki karbohidrat kompleks yang mengandung banyak serat, sehingga menjadi pilihan terbaik untuk sahur karena proses pencernaan yang lambat dan tidak mudah lapar.

2. Siapkan Sumber Protein

Santapan sahur juga harus dilengkapi dengan sumber protein yang baik. Salah satu pilihan yang dapat anda santap ketika sahur yaitu ayam tanpa kulit, ikan, atau produk susu yang rendah lemak. Saat berpuasa biasanya tubuh mengalami penurunan sistem imun, sehingga memilih ketiga sumber protein ini adalah hal yang tepat. ketiganya memiliki fungsi untuk memperbaiki sistem imun dan membangun jaringan tubuh anda.

3. Lengkapi dengan Sayur dan Buah Buahan

Tidak lengkap rasanya jika tanpa sayur dan buah buahan sebagai makanan saat sahur. Anda harus memiliki asupan nutrisi yang lengkap selama menjalani puasa Ramadhan ini karena tubuh membutuhkan sistem imun yang baik. Nutrisi harian pun tidak boleh dilewatkan karena anda tetap aktif berkegiatan. Oleh karena itu jangan lewatkan sayur dan buah buahan yang kaya akan mineral, vitamin, dan phytochemical yang sangat baik untuk tubuh anda.

Memenuhi gizi seimbang selama bulan suci Ramadhan memang sangat penting. Setiap orang harus memiliki sistem imun yang baik agar puasanya lancar dan tidak mudah sakit. Sistem imun yang baik dapat dibangun dari makanan yang anda santap saat berbuka ataupun sahur. Sahur menjadi poin paling penting karena tubuh membutuhkan cadangan makanan untuk berpuasa. Lengkapi nutrisi harian anda dengan karbohidrat, protein, sayur, dan buah buahan.