Hari raya Idul Fitri atau lebaran sangat identik dengan berbagai varian menu makanan yang sangat lezat. Sayangnya, tidak jarang makanan yang hanya ada saat lebaran tersebut memiliki kandungan gizi yang kurang baik. Simak artikel https://www.smartfren.com/id/explore/article/tips-makan-sehat-saat-lebaran untuk mengetahui tips makan sehat saat lebaran.

Selain itu jangan lupa santap bahan makanan di bawah ini sebagai penetralisir hidangan lebaran sebagai pencegahan penyakit setelah lebaran.  Berikut ini jenis makanan yang baik dikonsumsi untuk pencegahan penyakit:

1. Buah-Buahan

Umumnya makanan yang dihidangkan saat lebaran adalah makanan dengan kandungan santan yang berlemak dan pedas. Meski memiliki rasa yang lezat, tetapi makanan dengan kandungan lemak yang tinggi bisa menyebabkan kolesterol hingga sembelit. Untuk menetralisasi, jangan lupa mengonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung serat dan vitamin.

Beberapa buah seperti apel, pepaya, nangka, atau pisang memiliki kandungan serat yang sangat baik. Serat-serat ini bisa mengatasi masalah sembelit dan melancarkan buang air besar. Selain itu, kandungan buah apel juga bisa membantu proses pembuangan racun yang ada dalam tubuh. Agar lebih sempurna, konsumsi buah-buahan ini secara langsung.

2. Sayuran Hijau

Makanan saat lebaran biasanya identik dengan makanan dengan kandungan santan seperti opor atau rendang. Konsumsi makanan bersantan seperti opor dan rendang secara berlebihan bisa meningkatkan risiko terkena kolesterol. Selain itu orang umumnya mulai melupakan makan-makanan bergizi seperti sayuran hijau. Padahal sayuran hijau memiliki kandungan yang sangat baik bagi tubuh.

Selain untuk menghindarkan resiko terkena penyakit kolesterol, sayuran hijau juga kaya akan zat besi dan beragam vitamin yang sangat baik bagi tubuh. Kandungan antioksidan dalam sayuran hijau seperti bayam dan kangkung bisa membantu mengikat asam empedu dan mencegah akumulasi kolesterol jahat dalam tubuh.

3. Yoghurt

Semua orang tentu sudah tidak asing dengan Yoghurt, salah satu olahan susu yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Yoghurt mengandung bakteri baik yang dapat memperlancar pencernaan dan buang air besar. Sehingga bisa membantu mengurangi penyakit yang timbul setelah menyantap makanan bersantan saat lebaran. Untuk melengkapi, simak berbagai artikel tentang tips makan sehat saat lebaran di www.smartfren.com serta konsumsi makanan bergizi agar bisa terhindar dari berbagai penyakit berbahaya akibat konsumsi makanan yang tidak sehat.