Motor sudah menjadi salah satu kendaraan yang banyak digunakan untuk membantu mobilitas sehari-hari. Meski demikian, masih banyak pengendara bermotor yang belum sadar akan pentingnya menjaga keamanan ketika berkendara. Berikut tips aman berkendara yang wajib dilakukan oleh pengendara motor sebelum berpergian.

Pastikan Semua Komponen Aman

1. Rem Motor

Rem menjadi salah satu komponen yang penting dalam kendaraan bermotor. Komponen ini pula yang sering menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas yang terjadi. Rem yang blong dapat mempengaruhi keamanan anda saat sedang berkendara. Sebelum berangkat, pastikan rem depan dan rem belakang motor berfungsi dengan baik. Lakukan pengecekan berkala, untuk mengganti kampas rem sebelum menjadi aus.

2. Tekanan Ban

Tekanan angin pada ban juga menjadi salah satu komponen penting. Kondisi ban dapat mempengaruhi perjalanan anda. Roda akan berjalan lebih lambat ketika tekanan ban terlalu rendah. Namun, ketika tekanan ban terlalu tinggi akan membuat roda menjadi licin saat digunakan dan membahayakan pengendara.

Selain itu, tekanan ban juga akan berpengaruh ketika dalam kondisi pengereman. Keadaan ban dengan tekanan yang tidak pas, dapat membuat pengendara susah mengendalikan kendaraan. Biasanya motor akan oleng ketika dijalankan. Sebelum berkendara, pastikan tekanan motor anda sudah memiliki tekanan yang pas.

3. Cek Kondisi Busi

Mengecek kondisi busi adalah salah satu tips aman berkendara lain. Meskipun kecil, busi memiliki peranan yang penting untuk mesin motor, yaitu melakukan pembakaran untuk menggerakkan mesin kendaraan. Motor yang memiliki masalah pada bagian busi, akan mengalami kemogokan. Biasanya, usia maksimal busi yang aman adalah setelah pemakaian 10,000 kilometer.

4. Aki dan Lampu Kendaraan

Hal penting yang harus dilakukan sebelum berpergian ialah dengan mengecek air aki. Aki berguna untuk menghidupkan mesin dengan menyuplai tenaga listrik yang dihasilkan, termasuk menghidupkan lampu kendaraan. Lampu kendaraan adalah bagian penting dari motor, sebagai salah satu fitur keselamatan. Pastikan lampu kendaraan bermotor menyala dengan baik.

Kendaraan bermotor, menjadi pilihan banyak orang sebagai moda transportasi yang dapat digunakan sehari-hari. Minimnya kesadaran akan keamanan berkendara menyebabkan kasus kecelakaan kendaraan bermotor lebih banyak terjadi dibanding kasus kecelakaan mobil. Untuk itu, ada baiknya untuk mengikuti segala peraturan lalu lintas dan mengecek keadaan kendaraan sebelum berpergian.